Kamis, 18 Oktober 2012

TIPS MENJODOHKAN BURUNG LOVE BIRD



Love Bird merupakan burung yang memiliki warna yang beragam yang memberikan keindahan pada burung ini sendiri. Disamping itu burung Love Bird juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi dengan biaya perawatan yang terbilang murah serta waktu yang dibutuhkan untuk perawatan sangatlah sedikit. Sehingga berternak burung ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai penghasilan tambahan.

Dalam menjodohkan Love Bird sebenarnya mudah bila dilakukan dengan kepahaman terhadap Love Bird serta harus sabar dan telaten dalam menjalaninya. Untuk langkah awal menjodohkan Love Bird yaitu harus bisa membedakan jantan dan betinyanya terlebih dahulu. Oleh karna itu saya menekankan untuk memahami karakteristik dan gaya hidup Love Bird secara keseluruhan. Jangan terburu untuk menjadi penangkar Love Bird jika masih belum paham terhadap Love Bird.

Baiklah kali ini saya anggap pembaca sudah betul-betul paham akan karakteristik dan pola hidup dari Love Bird. Jika masih belum paham saya akan menjelaskannya pada postingan berikutnya.


  • Langkah pertamanya adalah pastikan Love Bird yang akan anda jodohkan sudah matang (siap kawin) atau berusia sekitar satu tahun. (Dianjurkan menggunakan indukan yang berusia satu tahun untuk menjaga kualitas keturunan dan tingkat keberhasilan)
  • Sepeti yang sudah saya tekankan sebelumnya,Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah membedakan jantan dan betina. Dalam hal ini hars pasti bahwa Love Bird yang anda pili adalah jantan dan betina. Jangan sampai jantan dan jantan atau betina dan betina.
  • Tempatkan calon indukan yang sudah dipilih tadi ke sangkar gantung secara terpisah. dan full krodong selama satu minggu agar tidak melihat Love Bird lain. Serta diberikan makanan yang bisa meningkatkan birahi Love Bird seperti koaci, jagung dll
  • Setelah satu minggu, buka kerodong dan mandikan bersamaan dan dijemur sacara berdampingan setiap hari.
  • Tempatkan keduanya bedampingan seterusnya tanpa di kerodong hingga Love Bird terlihat sering berinteraksi dan tidur berdampingn setiap malam.
  • Siapkan kotak yang akan dijadikan tempat perkawinan Love Bird yang diberi serutan kayu dan kulit jagung yang ditabur.
  • Jika prilaku yang disampaikan diatas sudah terlihat. masukkan kedua Love Bird dalam satu kandang yang sudah disiapkan sebelumnya. Jangan diberi kotak pengeraman terlebih dahulu karna hanya akan membuat kedua Love Bird memperebutkan kotak pengeraman. dan akhirnya menghilangkan birahinya.
  • Perhatikan prilaku Love Bird yang sudah diletakkan dalam satu kandang tadi. Jika menandakan Love Bird kawin maka siapkan kota pengeraman yang di isi dengan serutan kayu terlebih dahulu dan masukkan kotak pengeraman keesokan harinya.
  • Tinggal menunggu Love Bird bertelur dan menetas.

Mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca dan segera memperoleh keberhasilan. Amien...

18 komentar:

  1. setelah baca artikel, saya mau tanya ,ciri lovebird sudah mau jodoh itu seperti apa...? apakah laki sama laki atau sebaliknya juga bisa akur dan saling bercumbu .......terima kasih mohon pencerahannya .....

    taufiq

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener gan. jadi untuk melihat apakah LB udah bisa d jodohkan yautu dari segi usia. usia minimal harus 8 bulan.. dan proses penjodohannyapun gak sebentar gan. paling tidak membutuhkan waktu 2 bulan agar LB mau belajar kawin.

      LB adalah burung yang hidup berkelompok. jadi meskipun sejenis mereka bisa akur (gak berantem) gan. jadi sebaiknya kalok agan mau menjodohkan LB, pastikan dulu jenis kelamin LB yang mau agan jodohkan.

      kalok ada yang perlu ditanyakan lagi, tanyakan aja gan. gak perlu sungkan

      Hapus
  2. Apabila saya beli lb jantan ditempat A,lalu saya beli lb betina ditempat B,..Apakah lb tsb bisa berjodoh..???.. meskipun sudah berumur..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama LB tersebut berjenis kelamin jantan dan betina pasti bisa gan. Asal alat reproduksinya masih berfungsi normal

      Hapus
  3. saya beli lb dakocan sudah berpasangan dan saya taruh di kandang bulat biasa yang bukan untuk ternak, tetapi kenapa lb saya yang betina sering digigit kepalanya sama lb jantan sampai bulu di kepalanya rontok.. apakah yg harus sya lakuin gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalok emang dah berpasangan mending d taruh d kandang jodoan dan d sediakan kotak tempat sarangnya. Karna ciri2 yang agan berikan sama seperti LB yang lagi birahi

      Hapus
  4. saya punya LB gan,umur sudah cukup...1,5 tahun ,ketika saya masukkan dalam satu kandang,awalnya akur,eh ga lama yg betina ngejar2 si jantan trusss.
    itu knapa ya gan?
    mohon jurus jitunya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dah biasa gan.
      Agan mandikan aja sampai basah kuyub agar mereka gak tengkar. Lakukan terus menerus hingga mereka akur

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  6. numpang siering dikit ni bray,u/ pepaduan warna agar LB jd putih polos,perpduanya antara warna ap dngan apa ya,,, tanks

    BalasHapus
  7. Kurang tau ane gan.
    Tapi ane punyak albino yg keturunan lutino gan.
    N sekarang setelah ane kawinkan dengan pastel hitam keluarnya malah albino, hitam sama gobal gan

    BalasHapus
  8. Aq pnya LB beda umur yg betina lebih dwasa yaitu umur 10 bln up klo jantan nya umur 8 blnan
    Tapi knpa ya ..yg jantan sering di serang ama betina nya..
    Gmna cara nya lovebird tsb spy bisa jodoh..
    Smntara ini aq campur pd kndang bulat..

    BalasHapus
  9. Mas Bro tanya ya, LB berapa kali kawin atau berapa lama setelah kawin si LB akan bertelur? terima kasih Mas Bro atas share ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalok punyak saya gan ada yg berusia lebih 20 tahun dan masih produktif.
      Dan biasanya LB akan segera kawin lagi setelah anaknya mandiri

      Hapus
  10. agan mau tanya lagi , apabila sepasang lovebird yg di jodohkan sudah mau masuk ke glodog berdua apakah itu tanda lovebird tsb sudah jodoh .....mohon pencerahannya terimakasih

    taufiq

    BalasHapus
  11. LB saya sblum.y udh jodoh dan pernah produksi, tapi knpa 2 hri ini sering kejar2an seperti butung tidak jodoh?? mohon pencerahan.y

    gunawan

    BalasHapus
  12. Gan, LB sy awal mulanya sudah jodoh, tp setelah di masukan kandang ternak, si betina sering menggigit atau berantem sama si jantan... itu kenapa ya gan???

    BalasHapus
  13. trims gan,, bermanfaat sekali infonya...

    BalasHapus