Minggu, 21 Oktober 2012

PENYAKIT MATA PADA LOVE BIRD DAN PENGOBATANNYA



Penyakit yang paling sering menjangkit love bird hingga menyebabkan kematian salah satunya adalah penyakit mata. Penyakit ini merupakan penyakit yang mudah sekali menular melaui air minum yang digunakan bersamaan dengan burung lain, bekas kandang yang sebelumnya pernah digunakan burung yang terjangkit penyakit ini, sentuhan langsung atau melalui tangan manusia dan mmelalui kotorannya. Belum ada penjelasan yang jelas tentang penyebab dari penyakit ini, tetapi beberapa literatur menyatakan bahwa penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan jamur.

untuk mencegah terjadinya penularan penyakit ini ada baikknya jika memisahkan burung yang terinfeksi penyakit mata dari burung lain (di isolir), cuci tangan anda dengan sabun setelah menyentuh burung yang terinfeksi, cuci kandang yang dipakai untuk burung yang terinfeksi dengan deterjen dan dijemur di terik matahari (jika perlu gunakan oven) dan kubur atau bakar bangkai love bird yang mati karena sakit mata.

Adapun gejala-gejala burung love bird yang terjangkit penyakit mata:

  • awal dari gejala penyakit pata pada love bird biasanya ditandai dengan adanya bercak merah pada kelopak mata dan mata akan mengeluarkan air secara berlebih.
  • setelah beberapa hari bercak merah tadi akan semakin membesar dan biasa pada fase ini baru ketahuan bahwa love bird terjangkit penyakit mata. Karena pada fase ini gejala penyakit mata mulai nampak ada pembengkakan dan sudah mulai menyerang saluran pernafasan burung.
  • semakin lama burung akan mulai kehilangaan nafsu makannya dan mata tidak bisa dibuka serta mata akan mengeluarkan belek terus menerus.
  • Biasanya burung yang terserang penyakit mata hanya bisa bertahan selama 4-6 minggu jika dihitung dari gejala awalnya.



Langkah tepat yang perlu dilakukan untuk mengobati burung love bird yang telah terjangkit panyakit mata. terdapat beberapa metode yang bisa dilakukan antaranya adalah:
  • Pemberian salep mata merek chlorampenicol, dioleskan setiap pagi sambil burung tersebut dikarantina dari angin dan sinar matahari (jangan di jemur).
  • pemberian obat merek Bodrex 1/2 tablet yang dihancurkan terlebih dahulu, kemudian dicampurkan kedalam air minumnya. ganti air setiap hari dengan resep yang sama. biasanya dalam satu minggu burung akan sembuh total dari sakit mata. Untuk menghindari burung krmbali terserang penyakit mata, teruskan pemberian obat sampai minggu kedua. selama pengobatan, burung tidak perlu dijemur,  pakan diberikan seperti biasa dan kebersihan kandang harus lebih di perhatikan. 

NB: Pisahkan love bird yang terinfeksi penyakit mata karna sangat mudah menular

7 komentar:

  1. APAKAH penyakit ini bisa menular pada jenis burung lain, seperti pleci misalnya??? mohon jawaban nya,,, trimss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antara pleci dan love bird itu berbeda spesies gan. Jadi kemungkinan menularnya bisa dikatakan tidak mungkin.

      Hapus
    2. Antara pleci dan love bird itu berbeda spesies gan. Jadi kemungkinan menularnya bisa dikatakan tidak mungkin.

      Hapus
    3. ohhh hatur nuhun,, kalo sama kenari nular gag om???

      Hapus
    4. Kalok dari pengalaman saya yg ngerawat kenari sama love bird bersamaan kurang lebih selama 2th gak pernah gan kenari saya ketularan penyakit matanya love bird

      Hapus
  2. mau tanya nih :
    - mata yg gak sakit perlu dikasih salep jg ga ?
    - klo bodrex 1/2 tablet airnya berapa ml ?
    thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun sakit matanya cuman sebelah tapi sebelehnya jugak harus d obati gan.
      Terus untuk 1/2 tablet bodrex itu dipakek untuk satu tempat air minum penuh. Dan d ganti tiap hari gan

      Hapus