Jumat, 28 September 2012

Membedakan indukan lele jantan dan betina

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membedakan antara induk lele jantan dan lele betina.

Sebenarnya dalam membedakan jantan betina pada induk lele bukanlah hal yang sulit. karena sebenarnya kita dapat membedakan d
engan cara melihat alat kelamin lele yang memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

Kebanyakan para pemula merasa kesulitan untuk membedakan induk lele jantan dan betina karena mereka tidak langsung terjun kelapangan dan melihat langsung bentuk fisik dan alat kelamin lele.

Artikel ini saya tujukan kepada para pemula yang ingin membudidayakan ikan lele sekedar untuk konsumsi sehari-hari atau bahkan mungkin untuk dijadikan bisnis. jadi sebelumnya saya mohon maaf apabila kata-kata yang saya gunakan di artikel ini menggunakan bahasa yang non ilmiah. karna menurut saya tidak mungkin ada orang yang sudah ahli dalam ilmu perikanan masih mencari artikel tentang cara membedakan jenis kelamin pada ikan lele.

langsung saja saya jelaskan di sini......

indukan lele jantan

Pertama. ikan lele jantan cenderung memiliki bentuk tubuh yang lebih langsing dibandingkan dengan bentuk tubuh ikan lele betina. tetapi biasanya bagi para pemula merupakan suatu hal yang sulit untuk membedakan melalui bentuk tubuhnya apabila tidak hanya menggunakan satu ekor saja. untuk itu sebaiknya harus ada beberapa ekor ikan lele. agar bisa bisa menjadi perbandingan.

Kedua. ikan lele jantan memiliki bentuk kelamin (Urogenital papilla) yang cenderung memanjang atau menonjol kearah belakang. terletak pada bagian bawah anus. dan memiliki warna yang agak kemerahan.

ketiga. apabila dibandingkan dengan lele betina, ikan lele jantan memiliki kepala yang lebih kecil dari ikan lele betina

keempat. gerakan iken lele jantan cenderung lebih lincah dari lele betina. itu disebabkan karena bentuk tubuh ikan lele jantan lebih langsing dan juga bersifat lebih agresif dari ikan lele betina.

kelima. apabila diperhatikan, ikan lele jantan memilikai warna kulit dada yang lebih gelap dibanding dengan lele betina.

indukan lele betina

pertama. ikan lele betina memiliki bentuk tubuh yang melebar. tidak seperti ikan lele jantan yang memiliki tubuh ramping.

kedua. ikan lele betina memiliki bentuk kelamin (Urogenital papilla) serupa oval atau menyerupai daun. serta terdapat lubang yang agak lebar. dan berwarna agak kemerahan.

ketiga. apabila dibandingkan dengan lele jantan. lele betina cenderung memilikia bentuk kepala yang lebih besar.

keempat. gerakan ikan lele betina tidak selincah lele jantan. karena bentuk tubuhnya yang lebuh besar. namun terkadan ada ikan lele betina yang lincah hampir menyerupai kelincahan pada ikan lele jantan.

kelima. apabila diperhatikan, ikan lele betina memilikai warna kulit dada yang lebih terang dibanding dengan lele jantan.

demikian yang saya bisa informasikan tentang bagaimana cara membedakan antara ikan lele jantan dan betina. apabila ada kesalahan atau ketidak sopanan, saya mohon maaf. karna saya disini hanya ingin berbagi ilmu yang saya penunya.

wasalam.............

10 komentar:

  1. Klo lele gaoreng,. lebih enak yang jantan apa yang betina??? aku lebih suka makan lele dari pada budi daya lele.. ahihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalok itu aq gak tau.
      karna sebenernya aq gak sukak makan lele.hehehe

      Hapus
  2. gan ane mau tanya nih, makanannya ikan lele itu ap aj sih?
    coz sudah ane kasih pelet masih aja g mau dimakan gan, ap ikannya stress mungkin iy??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikan lele adalah jenis ikan karnifor. Tapi bukan berarti lele tidak mau makan sayuran. Sayuran merupakan makanan tambahan bagi lele.
      Disamping itu lele juga memili sifat pemalu. Jadi apabila lele merasa tidak nyaman dengan lingkungannya bisa saja lele tidak mau makan

      Hapus
  3. untuk perkembang biakan(penganakan).apakah lele jantan dan betina bisa di kawinkan atau dengan cara trtntu.misalnya suntik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lele itu bertelur gan bukan beranak.
      Untuk kawin suntik sebenarnya adalah penyutikan kelenjar hipofisa yg bertujuan untuk mempercepat pematangan gonad.

      Hapus
  4. Artikelnya sungguh menambah ilmu gan, pada usia berapa bulan lele bisa dijadikan indukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada usia 8 bulan lele udah bisa d jadikan indukan gan.
      Alangkah baiknya jika lele sudah berusia 1th dan berat lebih dari 1kg

      Hapus